Translate

Friday, December 28, 2012

Bubuk Cincau Instan

Tanaman Cincau Hitam atau Janggelan (Jawa) dengan nama tumbuhan (Latin: Mesona palustris BL), Grass Jelly Drink (English). Ciri-cirinya, berbatang kecil dan ramping, Pada ujung batang tumbuh batang-batang kecil, ada yang tumbuh menjalar ke tanah dan ada pula yang tegak. Memiliki bentuk daun yang lonjong, berujung runcing. Bentuk bunga mirip dengan kembang kemangi berwarna merah muda atau putih keunguan. Nah, dari daun dan batang inilah menghasilkan gelatin hijau kehitaman. Oleh karena itu dikenal dengan nama cincau hitam. Awalnya tanaman cincau berasal dari Asia dan menyebar ke India, Birma, Indocina, Philipina sampai Indonesia. 

Kata cincau sendiri berasal dari dialek Hokkian Sienchau (xiancao). Merupakan tanaman perdu, tumbuh dengan baik pada ketinggian antara 150-1.800 meter diatas permukaan laut.  Cincau hitam sudah dikonsumsi masyarakat Indonesia, Cina, Jepang, Korea, dan Asia Tenggara. Menurut ahli ahli gizi dan kuliner, cincau hitam sangat baik dikonsumsi oleh semua kalangan. Cincau hitam sangat kaya mineral terutama kalsium dan fosfor. Cincau juga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet, selain rendah kalori juga tinggi serat. Cincau dipercaya mampu meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam, dan diare. Sedangkan serat bermanfat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker. Cincau mengandung antioksidan dan dipercaya mampu mematikan sel kanker. Cincau hitam merupakan makanan penghilang dahaga dan menyegarkan ini juga memiliki kandungan serat larut air (soluble dietary fiber) yang terdapat di dalamnya. Di dalam tubuh, serat larut air dapat mengikat kadar gula dan lemak sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit seperti diabetes melitus, jantung, stroke.


Kemasan Cincau Hitam Instan
Bubuk cincau hitam instan dijual dalam bentuk bungkus/sachet. Sachet bubuk cincau instan bisa digunakan untuk satu kali pembuatan jely cincau. 
 Kualitas Bubuk Cincau Hitam Instan ini dibuat dengan memperhatikan cara-cara berprodeksi yang baik (Good Manufacturing Process/GMP), hygenis dan bersertifikat Dinas Kesehatan dengan P-IRT No. 2083275020016-17 

Order Pembelian   
Lokasi kami di Pejaten Barat Pasar Minggu Jakarta Selatan, Agen / Reseller dan Order by 08889908700, 081291402523 via email : berkindonesia@gmail.com 

Komposisi Daun Cincau Hitam 
Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, menyebutkan bahwa daun cincau hitam memiliki kandungan senyawa kimia Saponin, Flavonoid, Tanin. Daun cincau hitam  memiliki effek farmakologi memiliki khasiat dapat menurunkan panas badan, panas dalam, mencegah gangguan pencernaan, dan menurunkan tekanan darah tinggi, dapat menyejukkan perut karena mudah dicerna dalam perut sehingga tidak menimbulkan kembung atau abdomen discomfort. Cocok juga untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan cincau hitam memiliki kandungan karbohidrat, mineral (kalsium dan fosfor), vitamin A, B1, C, kandungan kalori yang rendah dan kandungan air yang banyak. Menurut Rochani Hasbullah dan Purwiyatno Hariyadi (Food Riview, Teknologi Proses Bubuk Cincau Instan), komposisi kimiawi daun cincau hitam ditunjukkan dalam tabel1. Produk cincau hitam sudah diterima secara umum oleh masyarakat umum, industry minuman ringan, bahkan sudah masuk ke cafĂ©, restoran, dan hotel ternama. Menikmati cincau hitam bisa beragam cara. Sebagai campuran es buah, kolang-kaling, atau hanya dinikmati bersama santan dan gula merah rasanya tetap enak. Kandungan nutrisinya banyak dan sangat baik untuk kesehatan. Per 100 gramnya mengandung 122 kkal energi, 6 g protein, 1 g lemak, 26 g karbohidrat dan 6,23 g serat

Spesifikasi Produk : Bubuk Cincau Hitam Instan Merk Palmori

1. Bahan Baku
Terbuat dari bahan baku 100% daun cincau  Mesona Palustris pilihan,  bahan pembuat gel jelly, diproses secara hygines, mengikuti cara-cara memproses  membuat produksi yang baik. 

2. Jenis Produk
Cincau  hitam bubuk instan ini dalam kemasan sachet @ 30 Gram 

3. Keunggulan
Cincau hitam bubuk instan dalam kemasan sangat praktis digunakan untuk membuat cincau hitam, agar-agar hitam, grass jelly. Dilengkapi dengan petunjuk cara menggunakan produk ini. Cara ini memberi kemudahan bagi anda, untuk  menyimpan produk dan  praktis digunakan untuk digunakan sepanjang waktu. 

4. Harga
Harga Palmori Bubuk Cincau Hitam ditawarkan dalam bentuk  sachet isi netto 30 gram dijamin harga  terjangkau

Resep Membuat Agar-Agar Hitam 
Agar-agar hitam  dibuat dari Palmori Bubuk Cincau Hitam Instan. Agar agar hitam berbentuk gel berwarna hitam kecoklat-coklatan yang digunakan dalam pembuatan makanan pencuci mulut (dessert gel) dan  minuman ringan. Agar-agar hitam adalah makanan ringan yang lezat dan rendah kalori. Di senangi banyak orang, selain bergizi, berasa khas, terasa segar, dingin juga harganya terjangkau. Disajikan dalam bentuk cocktail, pudding dan dipotong-potong berbentuk kubus sebagai bahan aneka resep es cincau. Kadang-kadang dicampur dengan potongan buah dan serutan kelapa muda dengan sirup encer dingin atau gula jawa. Rasanya nikmat, sedap dan lezat.  

Cara membuat Agar-Agar Hitam :  
Bahan 30 g bubuk cincau instan dan 900 cc air putih. Masukkan air 600 cc ke dalam panci dan didihkan.  Tuangkan sisa air sebanyak 300 cc ke dalam panci, aduk sampai rata, dan pastikan tidak ada gumpulan (mengaduk dengan blender, lebih cepat dan merata). Setelah itu tuangkan adukan ke dalam rebusan air dalam panci yang mendidih. Aduk rata. Tuangkan ke dalam cetakan yang diinginkan dan biarkan sampai dingin. 

Es  Cincau Kenangan (Cincau Kelapa Muda Nangka)
Bahan es cincau kelapa muda: 
2 buah Kelapa muda, kerok dagingnya. Air kelapa muda, Agar Agar Hitam Palmori secukupnya dipotong kotak, Nangka secukupnya, gula merah  yang sudah dicairkan secukupnya. 

Cara Membuat: Siapkan gelas atau mangkuk. Tuangkan atau masukkan potongan kecil-kecil agar agar hitam.  Tuangkan potongan potongan nangka. Tuangkan daging kelapa muda. Siram dengan sirup gula merah. Tuangkan air kelapa muda. Beri es batu diatasnya. Hidangkan segera selagi masih dingin.

Es  Cijeruk (Cincau Jeruk Kelapa)
Bahan: agar agar hitam. Buat sirup :  500 gr gula pasir, 2 lbr daun pandan, 6 lbr daun jeruk, 200 ml air Isi: 500 ml cincau hitam Palmori potong dadu 1 sdm selasih, rendam air panas 500 ml santan matang, es batu. 

Cara Mem­buat: 1. Masak bahan sirup sampai mendidih. Angkat, sisihkan. 2. Taruh dalam gelas: sirup, agar agar hitam selasih, santan, dan es batu. Sajikan segera.


Es Cincau Milcoco (Cincau Milo dan Nata De coco)
Bahan:  Agar-agar hitam, dipotong dadu 1 cm. 1 bungkus nata de coco kenyal, tiriskan. 50 gr susu milo. 100 ml air gula sirup. Es batu secukupnya. Cara Membuat: Campur susu milo dengan air gula, aduk hingga rata. Taruh dalam gelas saji, cincau Palmori dan nata de coco. Tuangkan campuran susu milo. Berikan es batu secukupnya. Cara membuat air gula sirup yaitu didihkan air dengan gula pasir.

Es Cincau Supertape (Cincau, Susu, Sirup Coco Pandan, Tape)
Bahan:  200 gr agar agar hitam, 100 gr tape singkong, potong dadu kecil, 150 ml susu kental manis. 200 gr es serut. 100 ml air es. 100 ml sirup cocopandan. Cara membuat: Serut agar-agar hitam  dengan handy grater, sisihkan. Campur susu kental manis dan air es dalam Quick Shake,aduk rata lalu buka tutupnya,masukkan serutan cincau,tape dan es serut. Beri sirup cocopandan di atasnya dan sajikan.

  Es Cincau Buah Naga

  Bahan: Agar-Agar hitam. buah naga, bewah, kolang kaling, mangga,nangka, strawberry. gula pasir (atau sirup sesuai selera), daun pandan. Cara Membuat: Potong kotak-kotak agar agar hitam, masukkan dalam mangkok besar. Potong buah naga serta buah lainnya sesuai bentuk yang disuka. Masak gula pasir dengan air, masukkan daun pandan yang telah dicuci. lalu aduk. Setelah mendidih dan gula larut, angkatlah. Tunggu hingga agak dingin. Tuang air gula ke dalam mangkok yang berisi agar-agar hitam. Lalu masukkan potongan buah naga dan buah lainnya. Hidangkan dengan es batu.

  
Es Cincau Karamel

Bahan: 
Agar Agar Hitam Palmori, Gula pasir Air,  Susu kental manis
Batu Es, Nata de coco (pilihan).  

Cara membuat: Potong cincau De’Fresh dalam bentuk kotak atau dadu. Buat sirup karamel dengan cara : letakkan gula pasir dalam panci/wajan. Panaskan dengan api kecil hingga larut dan kecoklatan. Jangan diaduk-aduk, karena akan menempel di sendok. Cukup goyang-goyangkan panci/wajan agar gula mencair dengan rata. Setelah cair semua (kalo masih ada sedikit yang belum cair juga nggak apa-apa), siram dengan air hangat. Diamkan sampai gula dan air tercampur rata. Sisihkan Siapkan gelas saji,  masukkan cincau, siram dengan sirup karamel, batu es dan susu kental manis. Sajikan. 




Es Cincau Blewah
Bahan: 1/2 buah belewah, keruk memanjang. 250 gr cincau potong dadu. 1 buah kelapa muda, keruk memanjang. 250 ml sirup cocopandan. Es batu secukupnya. 
Cara Membuat : Siapkan Gelas atau Mangkuk. Masukan belewah yang sudah dikeruk memanjang, kemudian masukan Cincau Hitam  potong dadu. Masukan kelapa dan airnya secukupnya. Masukan sirup cocopandan. Es. Sajikan

  ES Cincau Hitam



Bahan:-Cincau Hitam, Gula merah, Santan kental.  

Cara Membuat: Cincau dipotong-potong dadu sedang. Gula merah disisir tipis. Didihkan Air lalu masukan Gula yang sudah disisir tipis. Masukan santan,aduk-aduk jangan sampai pecah,hingga matang atau mendidih,Lalu tiriskan ,Biarkan sampai dingin. Siapkan mangkok atau Gelas kasih Potongan Cincau lalu kasih Air santan tadi..Tambahkan Es batu. Bisa juga di fariasi dengan buah-buahan, sesuka hati kita,. Sajikan

                                                      

Es Cappucino Cincau
Bahan: 1 Bungkus  Bubuk Cappucino Instan,  Cincau Hitam,  Gula, Es Batu, Air putih.
Cara Membuat Cappucino Cincau : Masukkan Cincau Hitam yang sudah dipotong menjadi potongan-potongan kecil ke dalam gelas. Masukkan 1 bungkus  bubuk  Cappucino instan ke dalam blender. Tambahkan gula, air dan es batu ke dalam blender sesuai selera, dan blender bahan-bahan tersebut hingga selesai. Tuangkan bahan –bahan yang sudah diblender  ke dalam gelas yang berisi Cincau Hitam. Selesai,  Sajikan Cappucino Cincau untuk dinikmati.

6 comments:

  1. Saya terkesan dengan dengan Bubuk cincau instan,selain memudahkan saya membuat jelly grass juga rasanaya enak dan lezat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih, ayo dong segera memulai usaha minuman es cincau. Bahan baku tersedia, resep ada, harga murah. Tinggal siapin tenaga dan motiwasi, pasti bisnis ini menguntungkan.

      Delete
  2. wah menarik sekali ni, pak, moga kedepannya kita bisa kerja sama ya pak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih responsnya. Bisnis ini memang memiliki prospek menguntungkan. Jika tertarik memiliki bisnis ini, saya ingin bermitra dengan anda. Caranya, saya memberi kesempatan anda menjadi pemilik dan saya bisa memberikan hak pasar untuk area tertentu. Saya sediakan bahan baku curah, saya sediakan kemasan dengan merk saya atau anda bebas dengan merk sendiri.Bisnis ini selanjutnya dapat anda jalankan sendiri di rumah anda dan di daerah anda. Dengan cara ini anda tidak perlu melakukan riset produk, cukup hanya modal untuk beli bahan baku, kemasan, siapkan tenaga, dan anda tinggal jalankan bisnis langsung. Andapun bisa menciptakan uang dari rumah. Mau ? kirim email ke berkindonesia@gmail.com.

      Delete
  3. Lokasinya daerah pasar minggu ya? bisa langsung beli di lokasi ya pak ? atau ada alamt lengkapnya ? Thanks Hery

    ReplyDelete
  4. selamat pagi pak....
    saya berminat untuk menjadi mitra untuk penjualan bubuk cincau hitam instan ini, mohon informasi selengkapnya ya...
    terimakasih
    christianto

    ReplyDelete